MES Sumbar bekerja sama dengan Pegadaian Kanwil 2 Pekanbaru menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Pelaporan Keuangan Umat (SIPKU) pada Kamis, 27 Mei 2021 di Aula Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Diikuti para peserta dari kalangan pengurus masjid dan pengelola pesantren, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pengelolaan keuangan yang sistematis dan terdigitalisasi bagi manajemen lembaga sosial keagamaan.

Sekretaris Umum Pengurus Wilayah MES Sumbar, Ahmad Wira menjelaskan bahwa pelatihan tersebut merupakan respon dari MES Sumbar atas kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten dalam ekosistem masjid dan pondok pesantren terkait penyusunan laporan keuangan.

Pihaknya meyakini, pelatihan ini akan sangat membantu pengurus masjid dan pengelola pondok pesantren untuk menyusun laporan keuangan yang transparan dan akuntable, sehingga tercipta pertanggungjawaban yang komprehensif atas dana yang telah dikelola.

Lebih lanjut, Ahmad Wira bersyukur bahwa pelatihan ini terlaksana dengan baik dan didukung penuh oleh pemerintah daerah. Rencananya, pelatihan ini akan dilanjutkan kembali di dua daerah lainnya yaitu Kota Solok dan Kota Padang.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *