Sertifikasi halal merupakan komponen penting dalam upaya pembangunan ekosistem industri halal nasional. Dirilisnya PP Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal patut dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengenalkan kepada masyarakat umum tentang pentingnya sertifikasi halal sebagai sebuah standar mutu dalam industri produk halal.

Berangkat dari hal tersebut, Pengurus Wilayah MES Sulawesi Tenggara mengadakan diskusi tentang pentingnya sertifikasi halal, pada Minggu, 25 April 2021, di Area Festival Ramadhan, Kendari Preneur Tambat Labuh, Kota Kendari.

Diskusi ini diisi oleh perwakilan LPPOM MUI, Dra. Hj. Wa Ode Asnah Ganiu yang memaparkan secara detail terkait gambaran umum prosedur pengajuan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Umum PW MES Sulawesi Tenggara, La Ode Ali Musa, mengungkapkan jika kegiatan ini sangat penting bagi pelaku UMKM. Menurutnya kegiatan ini merupakan sarana untuk menjawab berbagai macam pertanyaan masyarakat terutama para pelaku UMKM mengenai informasi terkait sertifikasi halal dan prosedur teknis dalam pengajuan sertifikasi halal.

La Ode menambahkan, melihat tingginya antusiasme masyarakat mengikuti diskusi tersebut, pihaknya berencana akan menindalanjuti dengan melaksanakan kegiatan dan sosialisasi yang masif serta berkordinasi dengan pemerintah wilayah maupun daerah untuk memberikan fasilitas berupa subsidi secara berkala kepada UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Diskusi yang dirangkai dengan kegiatan buka bersama ini dihadiri oleh para pelaku UMKM, komunitas pengusaha muslim, komunitas penggiat fintech, kalangan akademisi, serta perwakilan Bank Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *