MES Australia terus berupaya membuka akses kerjasama perdagangan produk halal yang berkelanjutan antara Indonesia dan Australia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menghadirkan program Inter-State Islamic Economic Roadshow yang berisi serangkaian kunjungan dan agenda seminar. Dalam membuka program tersebut, MES Australia mengawalinya dengan melakukan kunjungan ke Konsulat Jendral RI di Melbourne pada Rabu, 07 April 2021 di kantor Konsulat Jendral RI.

Dalam audiensi ini, rombongan PWK MES Australia yang terdiri dari sejumlah pengurus dan pembina diterima langsung oleh Plt. Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Muniroh Rahim, beserta jajarannya yang membidangi fungsi ekonomi.

Ketua Umum PWK MES Australia, Shaifurrokhman Mahfudz pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa audiensi ini merupakan serangkaian dari Inter-State Islamic Economic Roadshow yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dan bersinergi dalam rangka memanfaatkan dan mengembagkan berbagai potensi yang ada.

Lebih   lanjut   Shaifurrokhman menguraikan jika topik yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah tindak lanjut dari kesepakatan The Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

IA-CEPA merupakan perjanjian bilateral antara Australia dan Indonesia yang ditandatangani pada bulan Maret 2019. Kesepakatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi eksportir Indonesia melalui penghapusan seluruh tarif bea masuk Australia sehingga seluruh produk Indonesia yang masuk ke pasar Australia akan menikmati tarif nol persen.

Setelah melakukan audiensi tersebut, MES Australia melanjutkan serangkaian Inter-State Islamic Economic Roadshow dengan menyelenggarakan seminar pada sabtu, 10 April 2021, di Wisma Indonesia, Canberra, Australia dengan mengangkat tema “Potensi Pengembangan Lembaga Sertifikasi Halal oleh Diaspora Masyarakat Indonesia di Australia”.

Seminar tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Australia, Yohanes Kristiarto Legowo, serta diisi oleh beberapa narasumber diantaranya, Senior Lecture Australian National University, Eva Anisa, Ph.D, Chairman Of Global Australian Halal Certification Sidney Australia, Neil SIregar, Serta Plt. Kepala BPJBH kementerian Agama RI yang juga Wakil Ketua Komite Industri Manufaktur dan Pengembangan Produk Halal PP MES, Dr. Mastuki yang mengisi secara virtual.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *