Program Baru PD MES Sumenep: Dorong UMKM Makmur

Sumenep – Pembagunan dan pertumbuhan UMKM merupakan salah satu motor penggerak yang krusial bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya sebagai peluang penyedia kesempatan kerja, namun juga menjadi pemain penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan masyarakat.

Melihat banyaknya pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep yang kurang mampu mengembangkan usaha disebabkan keterbatasan dana, membuat Pengurus Daerah MES Sumenep membuat program Sumenep Makmur, program berupa penyaluran bantuan modal bergulir yang diberikan pada Senin, (06/01) kepada 15 UMKM Binaan PD MES Sumenep.

Program Sumenep Makmur merupakan program baru PD MES Sumenep, hasil kerja sama antara PD MES Sumenep dengan BAZNAS Kabupaten Sumenep dan BAZNAS Provinsi Jawa Timur dalam rangka mengakselerasi pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sektor UMKM.

Ketua Umum PD MES Sumenep, Hajar menyampaikan  program penyaluran bantuan modal usaha diprioritaskan kepada usaha berskala mikro yang mengalami kesulitan permodalan. “Bantuan modal usaha yang di berikan oleh PD MES Sumenep ini diharapkan dapat membantu UMKM mengembangkan usaha yang telah dijalaninya, sehingga mendorong UMKM agar tidak stagnansi dan lebih produktif” ungkap Hajar.

Lebih lanjut Hajar mengatakan PD MES Sumenep aktif melakukan pembinaan usaha dalam hal manajemen keuangan, strategi pelayanan, penentuan harga, produksi, pengemasan, pemasaran, dan sebagainya, “Jika usaha tersebut berupa kuliner maka kami juga memastikan bahwa makanan tersebut halal dan baik untuk dikonsumsi.” ujarnya.

Program Sumenep Makmur dan pemberdayaan UMKM yang dilakukan PD MES Sumenep memberikan banyak perkembangan yang dirasakan oleh pelaku usaha binaan, baik dengan bertambahnya omset maupun meningkatnya kualitas produk yang mereka jual. Ke depannya PD MES Sumenep akan menginventarisir usaha-usaha yang menjadi produk asli Sumenep, terutama yang dihasilkan oleh UMKM maupun BUMDes. “Adapun usaha konkrit yang akan kami lakukan yaitu dengan mendirikan galeri produk UMKM dan BUMDes dalam rangka membantu meningkatkan kualitas produk serta mengangkat produk-produk unggulan daerah pada level nasional hingga internasional.” pungkas Hajar.

Hajar berharap agar pelaku usaha mikro binaan PD MES Sumenep yang sudah mendapatkan bantuan modal usaha agar bisa meningkatkan produktifitas dan kualitas usaha yang telah ditekuni dan kepada lembaga atau instansi yang memiliki keterkaitan dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat agar bisa membangun sinergi bersama PD MES Sumenep demi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.