Pengurus Daerah MES Binjai sukses selenggarakan webinar koperasi syariah pada Selasa, 9 Maret 2021 dengan mengangkat tema “Koperasi Syariah, dalam Teori dan Praktik”. Webinar ini diselenggarakan berkolaborasi dengan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan Yayasan Istana Hati. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum MES Kota Binjai, Muhri Fauzi Hafiz dalam sambutannya mengatakan, webinar ini merupakan kegiatan yang bermanfaat di tengah banyaknya masalah yang dihadapi oleh koperasi syariah di Indonesia.

Menurut Hafiz, meski kedudukan lembaga koperasi cukup kuat, baik dari sisi hukum perundang-undangan negara maupun dari penerimaan masyarakat, namun hingga saat ini, masih minim ditemukan koperasi yang ideal, maju dan modern hadir di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, untuk meningkatkan pertumbuhan koperasi syariah, dibutuhkan langkah yang kongkrit dan implementatif, tidak hanya tentang kejelasan payung hukum yang sudah berlaku. 

Meskipun begitu, pada akhir sambutannya dirinya meyakini, peran MES dengan nakhoda barunya yaitu Erick Tohir, akan melahirkan program yang strategis dan taktis untuk mendukung pertumbuhan koperasi syariah yang modern dan berdaya saing, dengan diikuti oleh sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan lembaga terkait lainnya.

Webinar yang dihadiri oleh kalangan praktisi, akademisi dan pelaku usaha ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Kaprodi Magister Manajemen UISU, Supar Wasesa dan Pembina Koperasi Syariah Istana Hati, Dina Zulfa Ofera.

Dalam pemaparannya, narasumber pertama, Supar Wasesa menekankan pada ketersediaan Sumber Daya Insani (SDM) sebagai faktor penting dalam ekosistem koperasi syariah. Menurutnya kekuatan koperasi ada pada anggota, sehingga pendidikan dan pembinaan anggota menjadi prioritas yang harus diperhatikan.

Sementara itu, narasumber kedua, Dina Zulfa Ofera, menjelaskan pentingnya penataan laporan keuangan dalam koperasi syariah. Dirinya berpendapat bahwa laporan keuangan menjadi faktor yang berpengaruh dalam meyakinkan masyarakat untuk menempatkan dananya di sebuah koperasi syariah.

Sumber Gambar: https://www.syariahbank.com/koperasi-syariah-indonesia/


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *