MES Kendal Tingkatkan Literasi Pasar Modal Syariah di Kalangan Santri

MES Kendal Tingkatkan Literasi Pasar Modal Syariah di Kalangan Santri

Pengurus Daerah MES Kendal didukung Galeri Investasi Syariah Pesantren (GISP), Phintraco Sekuritas, dan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan Roadshow Pasar Modal Syariah Goes to Pesantren pada Rabu, 14 Juni 2023 bertempat di Pondok Pesantren Salaf APIK, Kaliwungu-Kendal. Program ini mengusung tema “Saatnya Santri Berinvestasi secara Islami di Pasar Modal” dengan peserta mencapai lebih dari 100 santri. Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan BEI Jateng I, Fanny Rifqi El-Fuad dan perwakilan dari Phintraco Sekuritas Semarang, Nico Pracahnya.

Ketua Umum MES Kendal, M.Irkham Fukuludin mengatakan program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai bisnis syariah, terutama pasar modal syariah kepada para santri.

Berita terkait  Perkuat Kolaborasi Program Strategis, MES Aceh Jalin Silaturrahim Bersama PJ Walikota Banda Aceh

Irkham menjelaskan bahwa santri yang telah memiliki dasar pemahaman mengenai fiqih muamalah akan diberikan gambaran mengenai praktik muamalahnya secara langsung, dalam hal ini adalah transaksi pasar modal syariah yang merupakan bagian dari muamalah yang mengikuti perkembangan zaman.

Irkham melanjutkan, para santri diajarkan tentang pasar modal syariah dengan harapan kedepannya santri tidak bingung dalam mencari produk investasi yang berkah dan bermanfaat. Hal ini karena pasar modal syariah dalam transaksinya berpedoman pada fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). Irkham berharap, pasca lulus, para santri bisa menjadi investor saham syariah.

Sementara itu, Direktur GISP Pesantren MES Kendal, Iqbal Sarayulus Nuh mengatakan, program Roadshow Pasar Modal Syariah di Ponpes Salaf APIK Kendal ini menjadi pembuka untuk serangkaian program roadshow yang akan dilanjutkan di tiga pondok pesantren lainnya di Kendal, yaitu Ponpes Darul Amanah Sukorejo, Ponpes Manba’ul Hikmah Kaliwungu, dan Ponpes Al- Mustofa Pandes.

Berita terkait  Dubes RI untuk Hongaria Sambut Baik Kehadiran MES Hongaria

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *