Tancap Gas, Baru Dilantik MES Kota Padang adakan Rapat Kerja

Padang – Menindaklanjuti pelantikan MES Padang yang dilangsungkan pada bulan sebelumnya, MES Kota Padang menyelenggarakan Rapat Kerja yang didukung dan difasilitasi oleh Bank Indonesia pedengan membahas program yang akan menjadi agenda MES Kota Padang tiga tahun mendatang. Pada Rapat Kerja ini ada sebanyak 14 departemen memaparkan programnya pada Selasa, (10/9) bertempat di Gedung Bank Indonesia Wilayah Kota Padang, dan dihadiri sekitar 160 orang di antaranya hadir dari pengurus MES Kota Padang, MES Sumatera Barat, OJK dan Perbankan Syariah di Kota Padang.

Ketua Umum MES Kota Padang yang juga selaku Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, saat membuka jalannya rapat mengatakan Sumatera Barat khususnya Kota Padang sudah terkenal dengan nilai Budaya yang dianut oleh masyarakat, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Yang memiliki arti adat berdasarkan agama, agama berdasarkan kitab Allah “nilai budaya tersebut yang ingin diiimpletasikan sebagai visi kota padang, sementara dengan kehadiran MES Kota Padang sangat erat sekali kaitannya dengan visi yang ingin diwujudkan, sehingga melalui MES Kota Padang kami berharap kedepan bagaiamana seluruh kehidupan masyarakat Kota Padang ini dapat berbasis syariah baik dari segi agama maupun ekonomi” ungkapnya.

Adapun arahan yang diberikan dalam Rapat Kerja tersebut oleh Dewan Pakar MES Kota Padang yang juga selaku Pimpinan OJK Perwakilan Sumatera Barat, Darwisman mengatakan Pentingnya mensingkronisasikan program kerja MES Kota Padang dengan Pengurus Wilayah MES Sumatera Barat dan MES Pusat, “sehingga program-program tersebut dapat kita upayakan dengan maksimal di masyarakat. Jika program dari masing-masing departemen berjalan dengan optimal dapat dijadikan sebagai acuan bagi Ormas lainnya” Pungkas Darwisman.

Hasil dari kajian beberapa departemen MES Kota Padang, beberapa fokus pada program kerja MES Kota Padang di antaranya perkembangan perbankan syariah, pengembangan UMKM syariah dan pariwisata melalui edukasi dan sosialisasi mengenai halal, dan mencoba bersinergi dengan Lembaga koperasi syariah untuk pemberdayaan ekonomi umat. “Dalam mewujudkan misi tersebut kami berkolaborasi melalui Lembaga Pendidikan, Perguruan Tinggi lainnya dan Lembaga masyarakat dan adat, sehingga tercipta sinergi yang dapat memajukan ekonomi syariah di tanah padang secara massif” ungkap Jasman Putra selaku Pengurus MES Kota Padang.

Lebih lanjut Jasman mengatakan program kerja tersebut nantinya akan dibahas kembali di Dewan Pakar MES Kota Padang dan diharapkan dari program tersebut dapat mencapai visi misi MES Kota Padang untuk meningkatkan dan menjadikan nilai syariah diterapkan dalam kehidupan bermasyarkat khususnya dalam hal bermuamalah. (DQB)

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.