Bendahara III Pengurus Pusat MES, Siti Ma’rifah melakukan kunjungan silaturrahim ke Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat pada Kamis, 2 Desember 2021. Kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturrahim sekaligus memberikan dukungan bagi para nasabah bank wakaf mikro pondok pesantren modern Al Kautsar.

Pada kesempatan tersebut, Siti Ma’rifah diterima oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Buya Shofwan Karim selaku perwakilan keluarga besar Pondok Pesantren Modern Al Kautsar, beserta 650 nasabah bank wakaf mikro.

Dalam sambutannya, Siti Ma’rifah menyampaikan apresiasi atas prestasi dan keberhasilan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dalam melakukan pemberdayaan ekonomi umat melalui program bank wakaf mikro. Dirinya menuturkan bahwa program bank wakaf mikro menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat miskin melalui pemberian modal untuk berwirausaha.

Lebih lanjut, Wakil Bendahara Badan Pelaksana Harian DSN MUI ini menjelaskan bahwa di masa pandemi, kondisi perekonomian global mengalami krisis sehingga banyak pelaku ekonomi terpaksa mengurangi beban usaha dengan melakukan pemberhentian karyawan, oleh karena itu peran pondok pesantren melalui bank wakaf mikro dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran.

Sementara itu, Buya Shofwan Karim menyampaikan ucapan terimakasih kepada Siti Ma’rifah yang sudah berkenan menyempatkan waktu berkunjung ke salah satu pondok pesantren unggulan Muhammadiyah ini. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang sudah diraih oleh para santri, mulai dari tingkat lokal, wilayah, regional, nasional hingga Internasional.

Salah satu prestasi pondok pesantren modern Al Kautsar di bidang enterpreneurship adalah berhasil meraih peringkat 2 Pondok Pesantren unggulan Regional Sumatera dalam Ajang Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2021 yang di adakan oleh Bank Indonesia.

Selain mengunjungi ponpes Al Kautsar, Siti Ma’rifah juga melakukan silaturrahim ke Pengurus Wilayah MES Sumatera Barat dalam rangka menjalin komunikasi dan konsolidasi terkait program-program pemberdayaan ekonomi umat.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi 

Editor: Herry Aslam Wahid


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *