Ketua Dewan Pembina PP MES, K.H. Ma’ruf Amin Resmikan Lembaga Shafiec UNU Yogyakarta

Ketua Dewan Pembina PP MES, K.H. Ma’ruf Amin Resmikan Lembaga Shafiec UNU Yogyakarta

Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, K.H. Ma’ruf Amin menghadiri dan memberikan sambutan secara virtual pada peresmian Lembaga Center for Sharia Finance and Digital Economic (Shafiec) Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, pada Jumat, 12 Maret 2021.

Dalam sambutannya, K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan optimismenya terkait prospek pengembangan ekosistem industri ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dengan pembentukan Bank Syariah Indonesia (BSI) serta perluasan Kawasan industry halal yang terus diinisasi oleh pemerintah, membuat dirinya yakin, Indonesia bisa menjadi negara yang akan memiliki eskalasi industri ekonomi syariah yang tumbuh pesat di kancah dunia.

Meski begitu, dirinya menambahkan, ada 3 tantangan besar yang perlu dihadapi dalam upaya mengambangkan Industri ekonomi dan keuangan syariah agar bisa bersaing di kancah internasional, diantaranya, tantangan dalam pengembangan halal value chain dari berbagai sektor ekonomi syariah yang belum terintegrasi.

Berita terkait  Kabar Baik, RUU Ekonomi Syariah Masuk Prolegnas Prioritas 2022

Kemudian, tentang transformasi ekonomi digital terutama digitalisasi ekosistem industri ekonomi dan keuangan syariah yang harus segera dikerjar. Dan yang terakhir adalah pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Dirinya menekankan agar kampus menjadi entitas terdepan dalam menyiapkan kurikulum yang link and match sehingga tercipta SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam menutup sambutannya, K.H. Ma’ruf Amin berharap, kehadiran Shafiec bisa memberikan dampak yang positif dalam upaya pengembangan industry ekonomi dan keuangan syariah terutama di bidang literasi dan inklusi, serta dalam menghasilkan SDM yang berkompeten dan unggul di bidang Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Berita terkait  Pemkot Medan Siap Dukung Program Ekonomi Syariah MES Kota Medan

Sebagai informasi, Shafiec merupakan Lembaga yang didirikan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta sebagai upaya untuk mendorong perkembangan keuangan dan digital Syariah di Indonesia.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *