MES Bandung Barat Ajak Masyarakat Sadar Ekonomi Syariah

Bandung – Minggu (2/2) Pengurus Daerah MES Bandung Barat mengadakan pengajian Islam rutin bulanan di Masjid Al’Alim SMPN 1 Cimahi. Acara yang dicanangkan setiap bulan ini diselenggarakan untuk umum, masyarakat yang belum memahami ekonomi syariah dapat mengikuti agenda rutin tersebut, selanjutnya acara pengajian tersebut juga akan mengupas tema ekonomi syariah berdasarkan Al Qur’an dan kitab kuning.

Menghadirkan narasumber Ketua Umum MES Bandung, Dadin Sholihin, beserta founder of Education and Care sekaligus ketua MES Bandung Barat sektor Pariwisata Halal, R. Dewi Rahmasari, acara ini dihadiri oleh dosen, karyawan, Ibu Rumah Tangga maupun Pelajar dengan tema kajian transaksi jual beli dengan akad Murabahah. Adapun materi yang disampaikan yaitu mencakup definisi, syarat, rukun, dalil yang mendasari serta bagaimana implementasi atau mekanisme akad Murabahah dalam transaksi nyata.

Melalui literasi dan Edukasi ini juga diharapkan mampu membuka pemahaman yang luas bagi masyarakat mengenai penerapan ekonomi syariah sejak dini, dimulai dari diri sendiri dan dalam skala kecil seperti di dalam keluarga, sehingga nantinya anak-anak akan dengan sadar dan mengerti maksud dari tujuan ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari. “Sehingga target 10 Tahun mendatang, akan tercipta sistem ekonomi dengan prinsip syariah di Jawa Barat khususnya dan pada Indonesia serta dalam skala internasional.” Kata Dewi.

Sosialisasi yang mulai berlangsung pada Februari ini, merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai ekonomi syariah, baik pembahasan secara akad maupun implementasi. Selain itu, langkah ini merupakan cita-cita MES Bandung Barat untuk menguatkan dan memajukan ekonomi Indonesia maupun dunia yang dimulai dari praktik kehidupan sehari-hari.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.