Hikmah dan Optimalisasi Potensi Zakat di Indonesia

Kuala Lumpur – Jumat, (23/11) Pengurus Perwakilan Wilayah Khusus MES Malaysia kembali mengadakan Islamic Talk Series kali kedua dengan mengusung tema “Hikmah dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan potensi Zakat di Indonesia” yang berlangsung di kampus IIUM, Gombak Malaysia.


Muhammad Mahbubi Ali selaku ketua Umum MES PWK Malaysia

Acara pertama kali dibuka oleh Muhammad Mahbubi Ali selaku ketua MES PWK Malaysia, Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dimoderatori oleh Bapak Delil Khairat, MBA selaku wakil ketua 1 MES PWK Malaysia.

Narasumber yang hadir dalam Talk Series kali ini ketua BAZNAS periode 2004-2015 Didin Hafiduddhin. Acara yang dilangsungkan selama kurang lebih 2 jam diikuti kurang lebih dari 45 orang yang terdiri dari mahasiswa, praktisi, akademisi, dan pekerja Indonesia yang berada di Malaysia.


ketua BAZNAS periode 2004-2015 Didin Hafiduddhin

Didin menjelaskan lima cara mengoptimalkan potensi zakat yang ada di Indonesia, yang harus dilaksanakan. Pertama, Sosialisasi dan edukasi mengenai zakat yang melibatkan semua pihak. Kedua, penguatan kelembagaan pengelola (amil) zakat dengan memperkuat Sumber Daya Manusia yang energik, berwawasan, mampu bekerja penuh, dan berintegritas.

Ketiga yaitu dengan melakukan optimalisasi pendayagunaan zakat dalam hal distribusi dan pengutipan dana. Agenda keempat yakni dengan memperkuat regulasi pengelolaan zakat di Indonesia. Terakhir yaitu dengan sinergi, kolaborasi dan kerjasama antar lembaga dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan kelima agenda besar ini diharapkan potensi zakat di Indonesia dapat berkembang dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

Didin menjelaskan mengenai hikmah berzakat, “Jika hikmah berzakat dapat dipahami dengan benar. berzakat dapat menjadi gaya hidup yang baik dalam membangun kekuatan ekonomi ummah” ujar Didin.

Sebelum menutup pemaparannya, Didin berpesan dalam menyukseskan agenda ini, menurutnya diperlukan kekuatan ukhuwah yang dilakukan secara kontinu dalam bidang zakat dengan konteks yang lebih luas lagi.

Sebelum acara ditutup oleh MC, pihak MES PWK Malaysia diwakili oleh Dr. Mahbubi Ali memberikan bingkisan kepada Prof. Didin selaku narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama peserta dan pengurus.

Diharapkan dengan adanya acara ini pengurus MES Malaysia dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam hal melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingya berzakat dan hikmah besar dibaliknya, baik itu untuk pengurus sendiri maupun masyarakat Indonesia yang secara umum berada di Malaysia.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.