Tarik Minat Investor, BEI adakan Sharia Investment Week

Jakarta – Dalam rangka memberikan penghargaan dan apresiasi kepada insan Pasar Modal Syariah Indonesia, serta mengedukasi masyarakat luas terkait Pasar Modal Syariah, Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar acara inklusi Pasar Modal Syariah bertajuk Sharia Investment Week (SIW) 2019 pada 21 – 23 November 2019, di Main Hall BEI.

Direktur Pasar Modal Syariah, Inarno Djajadi mengatakan Selama tahun 2019 investor saham syariah mengalami peningkatan sebanyak 41 persen dibandingkna pada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam Sharia Investment Week Inarno juga menjelaskan ada rangkaian pemberianmerupakan ajang penganugerahan penghargaan kepada seluruh insan pasar Modal Syariah yang telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia, sosialisasi dan edukasi baik investor maupun calon investor syariah. “Penyelenggaraan acara SIW 2019 menjadi gerbang pembuka bagi investor saham syariah, baik pemula maupun investor aktif untuk lebih memahami Pasar Modal Syariah” ungkap Inarno.

Diharapkan penyelenggaraan acara SIW 2019 menjadi gerbang pembuka bagi investor saham syariah, baik pemula maupun investor aktif untuk lebih memahami Pasar Modal Syariah, serta lebih menebarkan semangat berinvestasi kepada msayarakat dari berbagai kalangan.

Adapun pembicara yang hadir antara lain Direktur Pasar Modal Syariah OJK, Fadilah Kartikasasi, Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, dan Anggota DSN MUI Adiwarman Karim, adapun pembicara dari Panin Asset Management Rudiyanto, Lukas S. Atmadja, DSN MUI M. Bagus Teguh Perwira.

Pasar Modal Syariah telah berhasil meraih penghargaan International Global Islamic Finance Awards (GIFA) Award 2019 untuk kategori the Best Islamic Capital Market Award 2019 pada September 2019. Oleh karena itu, SIW 2019 juga bertujuan untuk meningkatkan literasi terkait Pasar Modal Syariah di masyarakat secara luas, serta menyediakan forum networking antara sesame stake holder di Pasar Modal Syariah yang berasal dari latar belakang beragam.

Sampai dengan saat ini, perkembangan industri Pasar Modal Syariah terus berjalan, berdasarkan data yang ada, jumlah investor di Pasar Modal Syariah yang terus meningkat, yaitu sebesar 41 persen menjadi 62.840 investor sampai dengan 31 Oktober 2019. Per Oktober 2019, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tercatat tumbuh 51 persen sejak diluncurkan pada 2011 yang lalu, yang dalam indeks tersebut terdapat 413 saham syariah mencakup 63 persen dari total saham yang tercatat di BEI.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.