MES Malaysia dan KNKS Kaji Pengembangan Keuangan Syariah dan Industri Halal untuk Pembangunan Ekonomi Nasional

Kuala Lumpur – Kamis (24/10), telah berlangsung acara Forum Diskusi (FORDIKSI) berkat kerjasama MES Malaysia dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Dengan mengusung tema “Bersama Membangun Perekonomian Nasional Melalui Pengembangan Keuangan Syariah dan Industri Halal”. Forum diskusi ini dihadiri oleh 33 orang yang berasal dari pengurus MES Malaysia, anggota KNKS, mahasiswa/i, praktisi, serta organisasi kemasyarakatan yang ada di Malaysia.

Acara ini pertama kali dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh wakil ketua I MES Malaysia, Delil Khairat, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.


Afdhal Aliasar selaku Direktur Keuangan Syariah di KNKS.

Adapun yang menjadi narasumber dalam acara diskusi yang diselenggarakan di salah satu kampus International Islamic University Malaysia (IIUM) adalah Afdhal Aliasar selaku Direktur Keuangan Syariah di KNKS.

Dalam pemaparan materinya Afdhal mengatakan Harmonisasi program strategis stakeholders “untuk pengembangan ekonomi syariah dan industri halal dalam rangka pembangunan ekonomi nasional yang kuat
sangat diperlukan sinergi semua pemangku kepentingan. KNKS berperan sebagai fasilitator dan katalisator bertemunya deemand industri halal sehingga terciptanya ekosistem halal dan siapnya industri halal di Indonesia” Ujar Bapak Afdhal Aliasar dalam pemaparan materinya

Diharapkan dengan adanya seminar dan forum diskusi ini semakin membuka pemahaman yang luas bagi masyarakat mengenai potensi pemanfaatan keuangan syariah dan pengembangan industri halal, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dengan itu diharapkan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak hanya berkutat pada sektor keuangan, melainkan ekonomi di sektor riil, khususnya peningkatan kesadaran akan pentingnya halal lifestyle

Sehingga dapat mewujudkan suatu ekosistem ekonomi yang tumbuh berkembang, saling terhubung satu sama lain, dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah agar momentum pertumbuhan ekonomi dapat dicapai dengan baik.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.