Adakan Raker, MES Balikpapan Sosialisasikan Program Unggulan

Balikpapan – Pengurus Daerah MES Balikpapan menyelenggarakan Rapat Kerja pada Rabu (16/10) bertempat di Hotel Mega Lestari, Kota Balikpapan dengan agenda utama menyusun program kerja untuk tiga tahun mendatang degan mengusung tema “Memperkokoh Peran MES Mewujudkan Balikpapan Madinatul Iman dan Pusat Ekonomi Syariah di Indonesia”.Rapat kerja dihadiri sekitar 65 peserta yang terdiri dari Pengurus Daerah MES Balikpapan, Pimpinan LKS, BAZNAS, LAZ dan Pimpinan Pondok Pesantren yang ada di Balikpapan.

Ketua Umum Pengurus Daerah MES Balikpapan yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud saat membuka jalannya rapat menjelaskan potensi besar yang dimiliki Balikpapan untuk menjadi pusat ekonomi syariah di Indonesia. “Selain dilihat dari jumlah penduduk yang mayoritas muslim, market share perbankan syariah bulan Agustus 2019 mencapai 9,8 persen di atas Nasional sebesar 5,9 persen. Serta Kota Balikpapan juga memiliki 54 Baitul Maal wa Tamwil (BMT) dan 50 persen BMT tersebut aktif” ungkapnya.

Lebih lanjut Rahmat Mas’ud mengatakan untuk mewujudkan visi, MES Kota Balikpapan memiliki program Balikpapan Go Halal dengan empat pilar pendukung di antaranya, Penguatan UMKM dan Ekonomi Digital, Keuangan Syariah, Penguatan Gaya Hidup Halal dan Penguatan Sinergi. “nantinya semua pilar dari program Balikpapan Go Halal tersebut akan kita lakukan koordinasi dan kerja sama baik secara lokal-regional-nasional dan penguatan komitmen daerah dalam pengembangan ekonomi syariah” ucap Rahmat.

Rapat kerja berlangsung secara dinamis dan produktif Pengurus Daerah MES Kota Balikpapan ingin mewujudkan Balikpapan Halal Akademi sebagai wadah inkubasi untuk menciptaakn pelaku usaha dan UMKM go halal, go digital dan go ekspor. Melalui Balikpapan Halal Akademi, para pelaku UMKM akan dibekali berbagai aspek bisnis dari produksi sampai kepada distribusi. Sementara penguatan keuangan syariah akan dilakukan dengan memberbanyak kegiatan edukasi dan sosialisasi masif dalam bentuk seminar, talkshow, training, dan workshop melalui Gerakan Cinta Keuangan Syariah. “Adapun Penguatan Gaya Hidup Halal nantinya akan dilakukan dengan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan. Kami berharap dengan akan dilaksanakannya Balikpapan Halal Festival pada tahun 2020 nanti akan memberikan edukasi kepa masyarakat dan perkembangan halal life style itu sendiri” ujar Wakil Wali Kota Balikpapan

Melalui program-program unggulan dalam rapat kerja MES Balikpapan kedepannya, diharapkan Pengembangan di sektor UMKM Syariah akan mendorong industri halal dalam memperkuat fundamental perekonomian Kota Balikpapan serta kegiatan literasi lainnya dapat turut mendorong peningkatan marketshare industri keuangan syariah yang nantinya dapat berkontribusi mendukung aktivitas sektor riil dan terciptanya pembangunan berkelanjutan (SDG’s) di Kota Balikpapan.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.