MES Go To Pasar Raya Padang: Wujudkan Perdagangan dengan Prinsip Halal

Padang – Pengurus Daerah MES Kota Padang adakan MES Go To Pasar Raya Padang, Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan edukasi prinsip syariah dalam muamalah kepada pelaku pasar secara langsung. Bertempat di Pasar Raya Padang PD MES Kota Padang bekerja sama dengan TV Kota Padang, kegiatan tersebut disiarkan secara langsung pada Kamis, (3/10).

Hadir sebagai narasumber ketua I PD MES Kota Padang, yang juga Sekretaris Umum MUI Kota Padang, Mulyadi Muslim, Sekretaris PD MES Kota Padang yang juga KaDis Perdagangan Kota Padang, Endrizal dan Hayatul selaku Akademisi Ekonomi Syariah.

Dari kiri ke kanan, Presenter, Ketua I PD MES Kota Padang, Mulyadi Muslim, Sekretaris PD MES Kota Padang,
Endrizal, Akademisi Ekonomi Syariah, Huriatul Akmal

Mulyadi mengatakan Islam mengajarkan prinsip muamalah yang benar dalam rangka mewujudkan kemaslahatan bagi mukallaf. “adanya perintah menjadi pedagang yang jujur, transparan, disiplin dan bersih, serta larangan menipu, mengurangi timbanganan, menimbun barang adalah untuk kebaikan kita semua” ungkapnya. Lebih lanjut Mulyadi berpendapat masyarakat madani bisa terwujud jika ada sinergi peran dari pemerintah, MUI dan masyarakat itu sendiri. Kesadaran masyarakat berperan penting dalam kemajuan perdagangan halal.

KaDis perdagangan Kota Padang menyampaikan Pemerintah berkomitmen menghadirkan pasar modern dengan penerapan prinsip halal di dalamnya. “dalam merealisasikannya kita punya punya modal yang cukup besar, di antaranya keramahan masyarakat dan falsafah adat masyarakat Kota Padang yang memiliki kaitan erat dengan prinsip ekonomi islam, serta peran pemerintah dan keseriusan Wali Kota Padang Mahyeldi yang secara bertahap terus meningkatkan peran pasar dalam mewujudkan masyarakat yang madani di kota padang

Huriatul Akmal menyampaikan apresiasinya kepada MES dan Pemerintah Kota Padang “dengan memberikan edukasi secara langsung kepada pedagang, hal tersebut bisa lebih berdampak terhadap perkembangan pasar yang menerapkan prinsip syariah dan tercipta masyarakat yang madani” ungkap Huriatul.

KaDis Perdagangan Kota Padang Endrizal berharap kedepannya tercipta sinergi dan kerja sama yang baik antar semua pihak yang terlibat ”semua pihak termasuk Pemerintah Kota Padang, MES dan Pedagang sudah berkomitmen. Sekarang bagaimana kita menyatukan komitmen ini dalam bentuk penerapan langsung. Memang butuh waktu yang tidak sedikit, tapi insyalllah semangat kebersamaan ini akan diterapkan sehingga harapan perdagangan dengan penerapan prinsip halal di Kota Padang ini dapat terwujud.” Pungkasnya.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.