Adakan Bedah Buku, OJK Pacu Minat Baca dan Peran Millennials dalam Industri Halal


Jumat, (27/9) OJK menyelenggarakan acara Goodreads Bedah Buku yang bertajuk “Gen M, Generation Muslim” di Perpustakaan Nasional RI yang dihadiri oleh sekitar 100 orang yang terdiri dari perwakilan lembaga keuangan syariah, KNKS, MES, FoSSEI dan Mahasiswa.

Deputi Direktur Pengembangan Perbankan Syariah OJK, Nyimas Rohmah

Deputi Direktur Pengembangan Perbankan Syariah OJK, Nyimas Rohmah dalam sambutannya mengatakan acara ini dimaksudkan dalam rangka memperingati hari gemar membaca dan hari kunjungan perpustakaan yang jatuh pada 14 September. “kami berharap acara ini tidak hanya sebagai ajang silaturahim antar lembaga tetapi juga memacu minat kita dalam membaca, sehingga tingkat literasi di Indonesia semakin meningkat” pungkasnya.

Penulis Buku Gen M, Yuswohady

Acara bedah buku yang berlangsung seharian ini mengundang Yuswohady, penulis buku Gen M Generation Muslim dan buku Millennials Kill Everything. Menurut Yuswohady sejak tahun 2010 geliat peradaban Islam khususnya di Indonesia semakin meningkat, implementasi nilai-nilai religi tidak hanya dalam konteks vertikal tapi juga horizontal. “gaya hidup masyarakat Indonesia cenderung mulai menambahkan nilai dan karakter seorang muslim dalam semua aspek lini kehidupan dan tidak terbatas hanya hubungan ibadahnya kepada Allah akan tetapi pada semua aspek, yang menjadikan halal sebagai sebuah lifestyle” ujarnya.

Adanya perubahan minat konsumen di Indonesia ke pangsa pasar muslim menurut Yuswohady tidak hanya dipengaruhi halal value chain tetapi juga berkembangnya generasi muslim yang disebutnya Gen M.

Gen M diartikan sebagai masyarakat millennials yang mengkombinasikan kemajuan barat dengan nilai dan karakter Islam. “elemen dan nilai Islam diimbangi dengan kemajuan tekhnologi seperti di Barat” ungkap Yuswohady. Lebih lanjut penulis buku Gen M menjelaskan generasi muslim memiliki ciri, di antara lain religius mencakup iman, Islam, ikhsan, rahmatan lil alamin, humanity, modern, knowledgeable dan memiliki daya konsumsi, investasi serta, shodaqoh dan nilai zakat yang tinggi.


Sehingga Gen M memiliki peran yang cukup besar dalam pengembangan ekonomi syariah, yang ditandai dengan banyaknya bermunculan inovasi di industri halal yang banyak diinisiasi oleh Millennials.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.