MES Balikpapan Terbitkan Buku Ekonomi Islam untuk SMA/MA

Balikpapan – Pengurus Daerah MES Balikpapan menerbitkan buku ajar Ekonomi Islam untuk SMA/ MA, buku tersebut diluncurkan bersamaan dengan kegiatan Roadshow Asuransi Syariah pada Sabtu (20/7) bertempat di Kantor Perwakilan Wilayah BI Balikpapan dan dihadiri sebanyak 230 orang peserta yang berasal dari perwakilan Ormas Islam, Lembaga Keuangan, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pengusaha, Karyawan Swasta dan Mahasiswa.

Buku Ekonomi Islam ini disusun oleh Addiarrahman dan Bambang Saputra selaku Pengurus Daerah MES Balikpapan. Buku ini digagas berawal dari rasa keprihatinan bahwa pelajaran ekonomi syariah di sekolah-sekolah menengah atas dirasa masih sangat terbatas, jika pun ada hanya mengupas seputar Lembaga Keuangan Syariah tanpa mempelajari lebih dalam lagi. “Buku Ekonomi Islam ini dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Balikpapan dan masih sebatas mata pelajaran muatan lokal karena tidak menjadi mata pelajaran wajib” ujar salah satu penyusun, Bambang.

Sementara itu, Ketua Umum MES Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyatakan sudah seharusnya materi ekonomi syariah masuk dalam mata pelajaran disetiap jenjang pendidikan. “Bahwa ekonomi syariah sudah semestinya menjadi mata pelajaran khusus pada setiap jenjang pendidikan yang setidaknya dimulai dari SMP”, ujar Mas’ud.

Sampai saat ini buku ekonomi Islam telah didistribusikan sebanyak 1.000 exemplar yang tersebar di 30 sekolah SMA/SMK/MA dan 20 Pondok Pesantren di Balikpapan. Lebih lanjut Rahmad mengatakan “semoga ke depan perkembangan ekonomi syariah semakin gemilang dan Kota Balikpapan bisa menjadi contoh yang representatif dalam menerapkan ekonomi syariah di bumi nusantara ini.” Pungkasnya.

Buku Ekonomi Islam yang baru saja diluncurkan ini merupakan jilid pertama yang membahas mengenai dasar-dasar ekonomi syariah. Kedepannya akan menyusul buku Ekonomi Islam jilid kedua yang berisi mengenai moneter dan Lembaga keuangan dan jilid ketiga membahas tentang bisnis syariah. Pada tahun 2018 lalu, PD MES Balikpapan melaksanakan Training of Trainer yang diikuti 50 guru tingkat SMA/MA, dalam kesempatan tersebut secara seremonial dilakukan penyerahan buku kepada sekolah-sekolah. (DQB)

Klik di sini untuk mendownload buku Ekonomi Islam

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.