DSN MUI Sosialisasikan Empat Fatwa Baru

Jakarta – Kamis (4/7) Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI menggelar Halal Bihalal dengan Mitra Strategis dan Sosialisasi Fatwa DSN MUI 2019 yang berlokasi di Hotel Grand Cempaka, Jakarta yang dihadiri 150 orang dari berbagai kalangan lembaga asuransi, keuangan dan perbankan syariah dan pemangku kepentingan lainnya di Ekonomi Syariah

Ada empat fatwa yang disosialisasikan oleh DSN MUI, di antaranya : Fatwa 123 mengenai Penggunaan Dana yang Tidak Boleh Diakui Sebagai Pendapatan Bagi Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Bisnis Syariah dan Perekonomian Syariah. Fatwa kedua, fatwa 124 Mengenai Penerapan Prinsip Syariah dalam Pelaksanaan Layanan Jasa Penyimpanan dan Penyelesaian Transaksi Efek Serta Pengelolaan Infrastruktur Investasi Terpadu. Fatwa 125 tentang Kontrak Investasi Kolektif-Efek Beragun Aset (KIK-EBA) berdasarkan prinsip syariah.

Fatwa tersebut merupakan bagian dari pertanggungjawaban DSN-MUI dalam memastikan terpenuhinya prinsip Syariah dalam setiap operasional Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia.

Fatwa diperlukan sebagai acuan bersama dalam penerapan prinsip Syariah di Lembaga keuangan. Dalam sambutannya Wakil Ketua BPH DSN MUI, Hasanudin mengatakan “Dengan hadirnya mitra strategis dalam sosialisasi Fatwa DSN MUI ini untuk mendukung terimplementasikannya fatwa dalam setiap operasional Lembaga Keuangan Syariah.” ujarnya.

Lanjutnya DSN MUI menghimbau dan mengajak masyarakat luas, khususnya umat Islam, untuk menggunakan Lembaga keuangan dan Lembaga bisnis Syariah dalam setiap aktifitas ekonomi yang dilakukan. Sehingga harta yang dihasilkannya bukan hanya saja bertambah secara ekonomi tapi juga mendapat keberkahan. (DQB)

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.