Resmikan Halal Park, Jokowi Targetkan sebagai Halal District Internasional

Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan Halal Park pada Selasa (16/4) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan. Kawasan ini digadang-gadang akan menjadi Halal Distrik dan sebagai pusat Industri Halal RI. Halal Park yang diresmikan ini masih dalam konsep miniatur. Nantinya Halal Park akan dibangun di atas tanah seluas 21.000 meter persegi, dengan nilai investasi mencapai Rp. 250 miliar yang akan rampung dalam kurun waktu dua tahun.

Peresmian Halal Park ini merupakan langkah nyata Presiden Joko Widodo yang berkomitmen untuk Percepatan Pengembangan Industri Halal menuju Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia, dimana Pariwisata Halal sebagai Lokomotif, dan menargetkan Indonesia sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia tahun 2020.

Presiden Joko Widodo menyampaikan dalam pidato peresmian Halal Park yang dikutip dari laman kompas.com, (17/04) Perkembangan industry halal di dunia dan di Indonesia berjalan bergitu cepat  “pengembangan industri Halal di Indonesia merupakan penggerak pertumbuhan ekonomi serta wadah kreativitas dan produktivitas generasi muda, sekaligus sumber kesejahteraan masyarakat”. Mengacu pada keberhasilan Indonesia dalam menduduki peringkat satu Wisata Halal Dunia dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, menunjukan pertumbuhan yang sangat besar yang Indonesia raih mencapai 42 persen. “Pariwisata Halal RI ditargetkan sebagai leading sector untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia.” Pungkas Jokowi.

Melihat adanya pertambahan wistawan muslim, Presiden Joko Widodo menargetkan kunjungan wisatawan muslim ke Indonesia sebanyak 5 (lima) juta orang, yang merupakan seperempat dari total target wisatawan yang diharapkan datang ke Indonesia. Halal Park diharapkan akan menjadi ekosistem para pelaku bisnis yang bergerak pada industri halal dari hulu ke hilir yang tidak hanya sebatas pada bidang bisnis fashion, makanan dan minuman, tetapi juga bidang lain seperti pariwisata dan Pendidikan. Meski baru diresmikan dan berupa miniatur Halal Park ini sudah di buka untuk umum. (DQB)

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.