Mini Workshop “Financial Planning”

Palangka Raya, Sabtu, (12/1) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Tengah melalui Bidang Edukasi dan Pelatihan menyelenggarakan kegiatan Mini Workshop bagi komunitas ibu-ibu Persaudaraan Muslimah yang ada di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Januari 2019, bertempat di Aula terbuka Sekolah Sahabat Alam. Kegiatan yang di gagas oleh MES Kalteng ini bekerjasama dengan Salimah dan Asbisindo (Asosiasi Bank Syariah Indonesia) Kalteng terutama BPRS Mitra Amanah dengan mengambil tema “Umma, Belanjakan Saja Semua Uangmu” dengan pemateri Aep Saepuddin, M.E.Sy (Praktisi Keuangan Syariah dan Konsultan Keuangan Keluarga). Kegiatan kali ini di ikuti sekitar 70 peserta ibu-ibu dari Salimah. 

Ketua panitia penyelenggara, Bayu, S.Psi menyampaikan minat peserta sebenarnya banyak yang ingin ikut, karena langsung pada manajemen keuangan pribadi maupun keluarga. Namun karena keterbatasan tempat dan agar bisa optimal bagi peserta maka peserta di batasi. Harapnya menurut Bayu agar setelah kegiatan peserta bisa langsung menerapkan dengan baik.


Sementara itu, Aep Saepuddin sebagai pemateri dan juga pengurus di Bidang Edukasi dan Pelatihan MES Kalteng menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan itu bagian dari pengenalan literasi dan inklusi keuangan syariah yang bisa di lakukan secara aplikatif oleh personal maupun keluarga. 

Menurut Aep, MES Kalteng akan membuka diri untuk melakukan kerjasama dan sinergi dengan banyak pihak untuk terus melakukan upaya literasi dan inklusi keuangan syariah. Oleh karena itu menurut Aep, bagi komunitas yang ada di Kalimantan Tengah, baik itu pelajar, mahasiswa, ibu-ibu pengajian, dan banyak lainnya bisa bersinergi dengan MES Kalteng.


Secara terpisah, Ketua Bidang Edukasi dan Pelatihan MES Kalteng, Isra Misra, SE, ME menyampaikan bahwa upaya MES dengan berbagai program literasi dan inklusinya akan terus memberikan edukasi dan pelatihan dengan beragam elemen masyarakat, agar masyarakat mengetahui model ekonomi syariah dan manfaat yang akan di dapat bagi masyarakat. 


Isra menyampaikan agenda rutin setiap bulannya yang telah di gagas bersama Asbisindo sudah di mulai sejak September 2018, di awali dengan Bank muamalat melalui agenda EKSIS (Ekonomi Syariah Sip) yang telah menghasilkan group anak-anak muda peduli ekonomi syariah. 

Menurut Isra, potensi masyarakat untuk menerapkan ekonomi syariah semakin hari semakin banyak dan sangat besar potensinya jika dikelola dengan baik, terutama sektor riil di masyarakat. Karena itu MES Kalteng bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Asbisindo, dan pelaku ekonomi syariah lainnya akan terus mengembangkan edukasi, pemberdayaan masyarakat.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.