Pasar Modal Syariah Berkilau di Pulau Bacan

Bacan – Masih rendahnya tingkat literasi pasar modal syariah di Indonesia menjadi tanggungjawab bersama seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah untuk melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya di kota-kota besar, tetapi penting juga dilakukan di daerah yang jauh dari kebisingan namun menyimpan potensi ekonomi besar.

Baru-baru ini, MES Halmahera Selatan bekerjasama BEI dan didukung oleh OJK pada Sabtu (1/9) bertempat di Gedung Serbaguna Labuha menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal Syariah. Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang ini diikuti sebanyak 134 orang yang didominasi dari para pelaku usaha mikro dan karyawan swasta.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan terlebih mendorong minat investasi syariah kepada masyarakat di Pulau Bacan. Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, Helmi Surya Botutihe dalam sambutannya mengatakan “kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami masyarakat di Halmahera Selatan, kami sangat berterimakasih kepada MES dan BEI, semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk mendorong minat masyarakat berinvestasi secara syariah”.

Meskipun sempat khawatir minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini, diluar dugaan pengurus MES Halmahera Selatan, antusiasme masyarakat sangat bagus dibuktikan dengan membludaknya peserta sebanyak 134 orang dari target 100 orang untuk mengikuti kegiatan ini, hal ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk mempersiapkan kegiatan ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MES Halmahera Selatan, Jabir M. Jafar menyatakan optimis investasi pasar modal syariah akan tumbuh berkembang di pulau yang terkenal sebagai penghasil batu permata itu. “layaknya batu bacan yang terkenal dari pulau ini, tentunya kami dari MES juga bertekad untuk membuat pasar modal syariah berkilau disini” pungkas Jabir.

Kegiatan sekolah pasar modal syariah di Pulau Bacan merupakan rangkaian kegiatan roadshow pasar modal syariah tahun 2018 di 30 kota seluruh Indonesia kerjasama MES dan Bursa Efek Indonesia. (afr)

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.