Sukuk dan Optimalisasi Investasi Masa Depan

Saat ini, Sukuk seperti menjadi alternatif instrumen investasi untuk masyarakat Indonesia. Salah satu cara untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia adalah dengan membeli Sukuk. Namun sayangnya, tak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal sukuk. Sekalipun tahu dan paham apa itu sukuk, mereka tidak mempunya akses ataupun pengentahuan untuk membelinya.

Seperti yang beberapa orang ketahui, cara membeli sukuk adalah dengan menghubungi agen penjual yang telah ditunjuk oleh penerbit sukuk. Bisa jadi agen penjualnya bank ataupun perusahaan sekuritas. Selain itu, ada minimal & maksimal pemesanan sukuk, jangka waktu dan imbal hasil. Contohnya Sukuk yang baru saja diterbitkan adalah Sukuk Ritel 2018 seri SR-010 yang diterbitkan pemerintah Indonesia.

Dalam rangka untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang ingin membeli sukuk, muncullah investasi reksadana syariah berbasis sukuk. Hal inilah menjadikan banyak manajer investasi yang mengeluarkan produk reksadana syariah khusus Sukuk. Salah satunya adalah produk reksadana MSSI yang dimiliki oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), ungkap Naila Firdausi selaku Fixed Income Analyst Senior MAMI.

Beliau menjadi narasumber dalam acara Topi Diksi spesial Ramadhan edisi V dengan fokus bahasan tentang Sukuk dan Optimasi Investasi Masa Depan.  Notulensi dari diskusi tersebut bisa di akses disini. Adapun live streaming diskusi juga dapat disaksikan disini.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.