Bank Wakaf Ventura Segera Beroperasi Pertengahan Tahun 2017

Bank wakaf ventura saat ini sedang dipersiapkan pendiriannya oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Nantinya lembaga keuangan syariah berbentuk modal ventura ini sedianya ditargetkan dapat mulai beroperasi pertengahan tahun ini.

Menurut Wakil Bendahara Umum ICMI – Suhaji Lestiadi, bank wakaf ventura yang digagas ICMI saat ini sedang dalam proses sosialisasi dan sinergi dengan semua stakeholder calon pemegang sahamnya. Rencananya pemegang saham bank wakaf akan berupa organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam.

Beberapa ormas Islam telah mulai dijajaki antara lain; Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, ICMI, Majelis Ulama Indonesia, Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan lainnya. “Selain itu kami juga sedang penyiapan draft konsep operasionalnya dan draft anggaran dasarnya,” jelasnya (20/3/2017).

Setelah proses sosialisasi dan sinergi, selanjutnya ICMI akan mengajukan izin pendirian bank wakaf ventura ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya sebagai modal ventura, bank wakaf ventura akan berada di bawah pengawasan Industri Keuangan Non Bank OJK. “Rencananya awal Mei 2017 diajukan ke OJK ijinnya,” ungkap Suhaji.

Bank wakaf ventura rencananya akan memiliki modal disetor sebesar Rp 200 miliar. Lembaga keuangan syariah diinisiasi oleh ICMI ini bertujuan untuk mengangkat ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu, sasaran utama bank wakaf adalah memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

About the author: Editor 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.