Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Bersinergi dengan MES Kalimantan Tengah

Dalam rangka pengembangan ekonomi syariah, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Palangka Raya bersinergi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Palangkaraya. Dari pertemuan yang berlangsung kemarin, Selasa (28/2), tercetuslah delapan fokus program kegiatan.

Delapan program kegiatan tersebut adalah: 1. Pemberdayaan ekonomi syariah di masjid-masjid; 2. Pemberdayaan Pesantren; 3. Ekonomi Kreatif (hasil olahan rotan, hasil olahan karet, hasil olahan ikan); 4. Pariwisata; 5. Pasar Ramadan; 6. pasar swalayan islamic (multiyears); 7. Membuat roadmap ekonomi Kalimantan Tengah 8. Launching roadmap dengan mengadakan seminar dan expo syariah.

Sekretaris Umum Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah H Anang Mahyuni mengatakan, pertemuan dengan Perwakilan BI Palangkaraya menjadi ajang silaturahmi dengan penggiat ekonomi syariah yang tergabung di MES Palangkaraya. Dari silaturahmi tersebut kemudian tercetus untuk menyusun program kegiatan guna mengembangkan ekonomi syariah di provinsi Kalimantan Tengah.

“Ini kerja tim, namun BI yang punya gagasan. Jadi kapasitas kami sebagai MES barangkali ingin memberi masukan ke tim mengenai konsep untuk pengembangan ekonomi syariah di masjid dan pesantren. Pada pertemuan selanjutnya, hal ini akan ditindaklanjuti lagi,” katanya saat dihubungi, Rabu (1/3).

Selain itu, MES Palangkaraya dan BI juga akan turut mendorong pengembangan ekonomi kreatif dari hasil olahan unggulan Palangkaraya. “Niatnya akan diberdayakan perajinnya, kemudian rencananya supaya kualitasnya bagus akan didatangkan ahli desain dari luar supaya mereka bisa bersaing terhadap harga dan produk lainnya,” jelas Anang.

About the author: Editor 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.