Muliaman D Hadad Terpilih Kembali Menjadi Ketua Umum MES

Muliaman D Hadad terpilih kembali menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2012-2015. Deputi Gubernur Bank Indonesia tersebut dipilih secara aklamasi oleh Tim Formatur dalam Musyawarah Nasional (Munas) MES ke-2 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (17/12/2011).

Keputusan penetapan Ketua Umum MES dalam sidang Tim Formatur yang terdiri dari perwakilan Dewan Penasehat pengurus Pusat (KH. Mahmud Ali Zein), Dewan Pakar (Karnain Perwataatmaja) , Pengurus Pusat MES (Muhammad Syakir Sula dan Prof. Dr. Veitzhal Rifai), Pengurus Daerah ( Hasan Wakarim dan Drs. M Nasir ilyas) , Pengurus Wilayah (Chaironi Idris dan Nyata Nugraha) serta Pengurus Wilayah Khusus ( Luar Negri) diwakili Zaky Mansyur dari MES Saudi Arabia.

Sembilan orang anggota Tim Formatur dalam sidang yang berlangsung hanya 30 menit itu secarabulat memutuskan Muliaman D Hadad sebagai Ketua Umum. Dan selanjutnya Ketua Umum diberi amanat untuk menyusun kepengurusan MES dan unsur-unsurnya untuk periode 2012-2015.

Dalam sabutannya, Muliaman D Hadad, mengungkapkan MES akan melanjutkan sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah kepada masyarakat, khususnya di daerah-daerah. Karena itu, MES Pusat akan memperkuat peran MES Daerah untuk menyebarkan ekonomi syariah kepada masyarakat, agar masyarakat makin mengenalkan. “Tak kenal maka tak sayang, kita akan terus melanjutkan sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah,”ungkap Muliaman.

Profesor DR Halide, dari Universitas Hasanuddin, yang juga merupakan Dewan Pakar Syariah, menyampaikan perkembangan ekonomi syariah di dunia dan Indonesia yang terjadi sejak 40 tahun lalu, diawali dengan berdirinya Islamic Development Bank (IDB).

Yang kemudian diikuti dengan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, dengan berdirinya Bank Muamalat, disusul kemudian bank-bank syariah lainnya. Kemudian berdiri juga lembaga-lembaga keuangan syariah di Indonesia.

MES adalah organisasi kemasyarakatan yang konsens dalam pengembangan ekonomi syariah. Organisasi beranggotakan para praktisi ekonomi syariah, akademisi, birokrasi, ulama, dan masyarakat yang berminat serta peduli terhadap perkembangan ekonomi syariah.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.