Pengembangan SDI Syariah Perlu Dukungan

JAKARTA–Pengembangan sumber daya insani (SDI) perbankan syariah perlu terus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah di tanah air. Tak hanya dari pelaku keuangan syariah dan akademisi, namun juga perlu dorongan pemerintah untuk menjalankan langkah tersebut.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Muhammad Syakir Sula mengatakan, untuk mempercepat industri keuangan syariah, SDI di industri yang bersangkutan patut untuk diperhatikan dan perlu ada dukungan dari pemerintah. “Pemerintah seperti Departemen Keuangan juga perlu untuk ikut berperan serta dalam mengembangkan SDM,” kata Syakir, Jumat.

Sedang Sekrataris Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia, Bambang Sutrisno mengatakan, untuk meningkatkan kualitas SDM perbankan syariah pihaknya kerap mengadakan pertemuan untuk berkomunikasi dengan para akademisi dan peneliti. “Kita ada kerja sama dengan LIPI membuat seminar khusus untuk menciptakan fresh graduate yang qualified. Karena itu kita juga selalu upgrade pendidikan dan pelatihan,” kata Bambang. Selain itu, bersama dengan pelaku perbankan syariah yang lain, pihaknya juga akan merumuskan kode etik bankir dan praktisi perbankan syariah. gie/irf

By Republika Newsroom
Jumat, 25 Desember 2009 pukul 11:03:00

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.