Pengurus Daerah MES Surakarta sukses selenggarakan webinar dengan tema “Potensi Pasar Makanan Halal di Dunia Internasional”. Webinar yang diselenggarakan pada Senin, 15 Maret 2021 ini dihadiri oleh lebih dari 500 peserta.

Webinar dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Daerah MES Surakarta Wisnu Untoro. Dalam sambutannya, Wisnu menyampaikan bahwa topik seputar potensi industri halal Indonesia menjadi topik penting yang perlu dibedah dan digali bersama. Selain itu, kehadiran narasumber-narasumber dalam webinar ini diharapkannya mampu membuka cakrawala baru terkait gambaran permintaan produk halal Indonesia di negara lain.

Lebih lanjut, Wisnu juga menyampaikan harapannya kepada para diaspora Indonesia di luar negeri khususnya mahasiswa agar mampu membantu membuka akses bagi masuknya berbagai olahan produk halal dari Indonesia.

Webinar tersebut mengundang dua narasumber dari pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di dua kota besar di dunia yaitu Atase Perdagangan KBRI London, Mocahamad Rizalu Akbar dan Atase perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto.

Rizalu Akbar yang menjadi narasumber pertama memaparkan tentang mekanisme pasar di London yang sangat ramah dengan kehadiran produk-produk halal. Baginya, Aspek kebersihan dan kesehatan yang ditawarkan oleh produk halal menjadi peluang tersendiri untuk memasarkan produk halal dari Indonesia.

Sementara itu, Irman Adi Purwanto yang menjadi narasumber kedua mengungkapkan optimismenya atas prospek produk halal Indonesia di Mesir. Hal ini ditunjukan melalui fakta bahwa Indonesia merupakan negara nomor satu di ASEAN yang produknya sangat diminati oleh konsumen di Mesir. Dirinya juga menambahkan, MOU yang telah dilakukan antara MES Mesir dengan MES DKI Jakarta bisa menjadi fasilitator bagi produk halal Indonesia untuk masuk ke pasar Mesir.

Selain mengundang dua narasumber dari KBRI, webinar ini juga mengundang dua kalangan pengusaha lokal yaitu Direktur Utama Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Pengayom Tani Sejagad, Hanjar Lukito Jati, serta pengusaha penyedia produk kebutuhan haji dan umroh Dwi Aryanti Intan Mustikasari.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *