Pasca diresmikannya pencanangan Provinsi Riau sebagai Zona Ekonomi Syariah oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin pada bulan Maret 2020 lalu, MES Riau terus bergerak untuk mewujudkan pencanangan tersebut, salah satunya dengan melakukan koordinasi secara intens dengan Pemerintah Provinsi Riau pada Senin, 8 Januari 2021 mengenai rencana percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus di Provinsi Riau.

Dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, Kepala dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Riau, Helmi serta Kepala dinas perindustrian, perdagangan, dan UMKM Provinsi Riau, Asrizal.

Dengan melihat fakta bahwa Riau merupakan wilayah yang berada pada posisi strategis karena menjadi penghubung dari berbagai provinsi di Pulau Sumatera, seperti Sumatera Barat, Jambi, Sumatra Utara serta menjadi jalur dari kapal-kapal penyeberangan dari Dumai ke daerah Selat Malaka, membuat MES Riau dan Pemerintah Provinsi Riau ingin segera merampungkan proyek Kawasan Ekonomi Khusus tersebut dalam waktu dekat.

Kawasan Ekonomi Khusus yang rencananya akan berada di kota Pekanbaru ini akan berfokus pada pengembangan ekosistem industri halal. Dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah, diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas ekonomi terutama pengusaha lokal yang ada di Provinsi Riau.

Setelah melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Riau, MES Riau akan melanjutkan koordinasinya dengan pihak pemerintah Kota Pekanbaru, sebagai upaya  untuk melakukan percepatan dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus terkait pengembangan industri halal di Provinsi Riau.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *